Kampus Merdeka, Pendidikan Karakter dan New Normal: a book chapter

Penulis; Achmad Rozi El Eroy, dkk

Editor : Wahyudi

ISBN : 978-623-97698-0-2

Terbit : Agustus 2021

Pendidikan karakter adalah suatu hal yang mutlak harus dilaksanakan karena pada dasarnya semua guru sebagai pendidik memiliki tujuan yang sama dalam membentuk karakter bangsa. Tidak serta merta pendidikan karakter menjadi tanggungjawab dari pendidikan moral atau budi pekerti dan pendidikan Pancasila (Santika, 2019:79), melainkan menjadi tanggung jawab semua bidang studi. Oleh karena itu ketika pelaksanaan kurikulum 2013, keseimbangan ranah pembelajaran antatar kognitif, afektif dan psikomotor menjadi ouput yang mutlak sebagai bagian penidikan karakter bangsa.

Sesuai UU No. 20 tahun 2003 dijelaskan Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Oleh karena itu keberhasilan suatu proses pembelajaran ditentukan oleh faktor guru, sarana-prasarana,lingkungan dan sudah tentu peserta didik itu sendiri, memiliki kemauan atau motivasi untuk dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Sehingga tujuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi yang unggul berdaya saing dan memiliki kepribadian atau karater bangsa dapat secara optimal dicapai sesuai amanat undang-undang tersebut. Tujuan pendidikan adalah bagaimana membentuk generasi yang seutuhnya artinya memiliki kecerdasan intelektual,sikap yang baik dan dengan keterampilan yang diperlukan dalam menjalani hidup di masyarakat.

Buku ini secara khusus mencoba menginformasikan kepada pembaca tentang relasi Kampus Merdeka, Pendidikan Karakter dan New Normal dalam sebuah diskusi artikel yang dikemas dalam bunga rampai. Berbagai pandangan yang multi perspektif menjadi saya tarik tersendiri dari buku ini untuk di baca seluruh artikelnya. Dan bagi para penikmat isu-isu pendidikan, topik yang disusun dalam bunga rampai ini sangatlah renyah untuk disantap sebagai penambah vitamin pengetahuan, yang mengupas tentang fenoma pendidikan di tengah pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *